Purnomo Hamta

Purnomo Hamta
Namanya Purnomo Hamta, terlahir disebuah desa yang jauh dari kota yaitu desa Pinang Damai (Torgamba – Sumut), 20 September 1992 anak ke-5 dari 6 bersaudara pasangan suami-istri Bapak Yatimin dan Ibu Sunarsih. Pendidikan pertamanya dimulai di sekolah dasar swasta (SDS) Karya Bakti di desa Pinang Damai pada kisaran tahun 2000-2006. Ketakutan kepada guru yang selalu membawa rol panjang begitu menghantuinya sehingga sempat membuatnya enggan untuk bersekolah, hingga akhirnya ia-pun mau untuk bersekolah saat telah berumur 8 tahun, 1-2 tahun lebih tua dari teman-teman sekelasnya. Prestasi selama SD ia ukir dalam bentuk selalu juara kelas dari mulai kelas 1 sampai kelas 6, peringkat tertingginya adalah peringkat 1 dan peringkat terendahnya adalah peringkat 3 dari sektar 30-an siswa. Selain itu juga pernah mewakili sekolahnya dalam lomba cerdas cermat dan kejuaraan catur tingkat kecamatan.
Setelah tamat dari SD, ia melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) di SMPN1 Simpang Kanan, Rokan Hilir-Riau dari tahun 2006-2009. Karena berbeda domisili dengan tempat sekolah barunya tersebut, ia harus mengurus rayon untuk bisa bersekolah di luar provinsi tempatnya berdomisili. Jarak yang jauh dari rumahnya tidak menurunkan semangatnya untuk berekolah. Selama bersekolah di SMP ini ia termasuk siswa yang kurang aktif dalam hal ekstra kulikuler hanya mengikuti kegiatan OSIS saja, sehingga pergaulannya tidak seluas teman-temannya yang aktif. Prestasi saat di SMP tersebut tidak sebaik prestasinya saat di SD, total dia hanya pernah menjadi peringkat ke-9 dari sekitar 40-an siswa selama 3 tahun bersekolah.
Setelah tamat dari SMP, ia melanjutkan sekolah menengah atas (SMA) di SMAN1 Siimpang Kanan, Rokan Hilir-Riau dari tahun 2009-2012. Memilih IPA sebagai jurusannya membuat ia sadar ternyata pelajaran yang selama ini ia sukai adalah Matematika, ia pun termasuk siswa yang selalu mengikuti cerdas cermat Matematika. Pengalaman berorganisasi yaitu pernah menjadi Humas OSIS. Saat SMA inilah ia memutuskan untuk pindah berdomisisli dari Sumatera Utara ke Riau, ia pindah secara resmi dengan menghapus namanya dari daftar kartu keluarga Bapak Yatimin dan berpindah ke keluarga Bapak Hendri Purwoko yang tak lain adalah abang kandungnya sendiri yang lebih dahulu menetap di Riau.
Setelah tamat dari SMA, ia melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT) di UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru - Riau dari tahun 2012-Sekarang (2015). Saat ini (2015) ia berkuliah di Fakultas Pertanian dan Peternakan jurusan Agroteknologi. Salah satu prestasinya yaitu juara 1 lomba debat se-fakultas pertanian dan peternakan. Keaktifan dalam bidang akademik salah satunya yaitu dengan mengikuti seminar, baik yang berlatar seminar motivasi, wirausaha, kesehatan hingga politik baik tinggat regional, nasional hingga internasional. Organisasi yang ia ikuti saat ini yaitu sebagai anggota Kelompok Tani-Ternak Spirit Karya Muda (SKM) merangkap Bendahara.

0 Response to "Purnomo Hamta"

Posting Komentar

wdcfawqafwef